Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 4 (2023): Mei

Upaya Strategi Digital Marketing Dalam Memperluas Target Pasar Sektor UMKM (Studi Kasus CV Rempang Printing Batam)

Teresia Armeta (Universitas Internasional Batam)
Tirani Apriyana (Universitas Internasional Batam)
Kesha Katrillah (Universitas Internasional Batam)
Nova Natasha (Universitas Internasional Batam)
Adzra Afifah Pratiwia (Universitas Internasional Batam)
Antony Sentoso (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Persaingan bisnis menjadikan berbagai perusahaan saling berinovasi dalam menciptakan media promosi untuk memperluas target pasar mereka. Salah satu teknik pemasaran yang tengah berkembang pesat dan trend yakni digital marketing. Strategi pemasaran digital inilah yang juga digunakan untuk mempromosikan UMKM di Indonesia seperti salah satu UMKM di Kota Batam yakni CV. Rempang Printing yang bergerak di industri percetakan dan design sejak tahun 2009. Penelitian deskriptif kualitatif dengan penggunaan teknik analisis reduksi data digunakan sebagai metode penelitian untuk menganalisi apa saja upaya strategi digital marketing guna memperluas target pasar. Hasil penelitian menunjukan CV. Rimping printing sebagai pelaku bisnis UMKM memanfaatkan berbagai platform digital seperti instagram, google maps, dan sebagainya untuk mengoptimalkan promosi produk mereka. sehingga sebaran konsumen yang tidak hanya berasal dari daerah letak perusahaan berada tetapi juga mereka menerima pesanan untuk di luar daerah. 

Copyrights © 2023