cover
Contact Name
Saifullah
Contact Email
tsaifullah@unimal.ac.id
Phone
+6283899908686
Journal Mail Official
penerbitdarulhuda@gmail.com
Editorial Address
Jln Pendidikan No. 1, Cot Seurani, Muara Batu, Aceh Utara, 24355 Phone: 083899908686
Location
Kab. aceh utara,
Aceh
INDONESIA
Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
ISSN : -     EISSN : 29866340     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.8360194
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh Yayasan Daarul Huda Kruengmane. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, mencakupi bidang Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya dan Seni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,026 Documents
PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK AYU AZHARI
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 1 (2022): November
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mejelaskan tindakan anggotakepolisian dalam tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak, serta upaya dan hambatan dalam melakukan penanggulangan tindak pidana narkotika oleh polres aceh selatan. Penyelahgunaan narkotika dikalangan anak di aceh selatan tidak mengalami penurunan, sehingga perlu adanya penanggulangan tindak pidana narkotika yang teratur dan sesuai dengan kondisi dan situasi masyrakat, agar penyalahgunaan narkotika dapat diminimalisir dan dapat dikendalikan. Pengaturan mengenai narkotika tertuang dalam Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Menjadi Aturan Pedoman Kepolisian dalam Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Narkotika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelian hukum yang di lakukan dengan cara penelitian lapangan, yang bertitik tolak pada data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dari penanggulangan narkotika yang dilakukan oleh anak dipolres aceh selatan dengan sarana non penal menggunakan upaya pre-emptive (pembinaan). Upaya preventif (pencegahan), upaya represif (penindakan) dan upaya rehabilitasi. Hambatan dari penanggulangan narkotika yang dilakukan oleh anak itu dilihat dari faktor internal dan eksternal.
KEBUTUHAN MANUSIA KEPADA DAKWAH (Studi Tafsir Al Qur’an Atas Ayat 30 Surat Ar-Rum) Kartini K
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 1 (2022): November
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.98 KB)

Abstract

Islam merupakan agama dakwah, karena dalam islam berdakwah merupakan perintah agama, ajaran islam memerintahkan kepada umatnya untuk berdakwah agar agama islam diterima, dipahami, dihayatidan diamalkan manusia. Manusia adalah makhluk mono-dualisme yaitu satu wujud tetapi memiliki dua unsur, yaitu jasmani dan rohani. Untuk mencapai kesempurnaan dan kebahagiaan hidup, manusia harus memenuhi kebutuhan terhadap kedua unsur tersebut, Jasmani berasak dari materi dan kebutuhannya pun bersifat materiil, seperti pangan, sandang dan papan, sedangkan manusia sebagai makhluk rohani, memerlukan yang bersifat immateril, seperti agama, kasih sayang , keamanan dan kedamaian. Tidak hanya itu, manusia dalam memenuhi kebutuhan fisiknya pun diatur oleh agama. Berdasarkan informasi Al-Qur’an, ketika di alam arwah manusia telah melakukan kesaksian bahwa Allah adalah Tuhan mereka. Perjanjian ini disebut perjanjian ketuhanan (‘ahd Allah) dan fitrah Allah. Namun sayangnya, semua manusia lupa akan perjanjian itu setelah ruh bersatu dengan jasad, dalam proses kejadian manusia dan manusia lahir di alam dunia ini. Selanjutnya, Allah kemudian memberikan din fitrah (agama yang cocok dengan syahadah ketika di alam ruh). Dan din fitrah ini merupakan din al-Dakwah. Dengan demikian, dakwah diperlukan untuk mengaktualkan syahadah ilahiah ke dalam kenyataan hidup dan kehidupan manusia. Umat manusia sangat membutuhkan dakwah islamiyah ini. Mereka sangat butuh kepada ajaran agama Allah yang kokoh ini. Dan Allah telah menciptakan manusia ini dalam keadaan penuh kekurangan. Dari sini, maka bagaimana pun luas dan hebatnya pengetahuan mereka, manusia tetap dalam kekurangan dan keterbatasanya. Karena inilah manusia sangat membutuhkan orang yang mengajak untuk kembali kepada Allah. 
PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SD Negeri 091320 Raya Tongah Alexander Samosir
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 3 (2023): Maret-April
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Environmental conditions (family environment, school environment, and community environment) Raya Togah, Simalungun Regency greatly influences the learning motivation of grade 5 students at SD Negeri 091320 Raya Tongah, Simalungun Regency. , providing motivation in community learning, teachers in The problems faced by SD Negeri 091320 Raya Tongah Simalungun Regency in increasing student learning motivation are: not all teachers are professional in carrying out their duties, lack of active role of parents of students, limited supporting facilities and infrastructure..
Metode Ijtihad Ibnu Hazm Arip Purkon
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.279 KB)

Abstract

Ibnu Hazm dikenal sebagai salah seorang ulama dari mazhab al-Dhahiri. Ibnu Hazm sangat menentang taklid dan sangat menganjurkan untuk melakukan ijtihad. Salah satu metode ijtihad yang ditawarkan oleh Ibnu Hazm adalah al-dalil. Metode ini merupakan upaya untuk memperluas cakupan makna dari nash dan ijma yang dilakukan oleh para ulama. Dari sekian banyak rnacarn dalil yang diambil dari nash dan ijrnak, penerapan dalil yang· mengarah keumuman rnakna dan istishhab al-hal memiliki jangkauan yang terluas dalam ijtihad Ibn Hazm. Persoalan-persoalan hukum baru yang belum disebutkan secara tekstual oleh nash al-Qur' an, sunnah Nabi saw., ijmak sahabat dan tujuh bentuk dalil yang diambil dari nash, dan tiga rnacam dalil yang diambil dari ijmak, selain istishhab al-hal, akan dijawab melalui istidlal dengan istishhab al-hal.
OPTIMISASI CHEMICAL OXYGEN DEMAND PRODUCED WATER PADA POLISHING UNIT Deni Nur Fauzi; Dimas Ari Setyawan
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 1 (2022): November
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.787 KB)

Abstract

Polishing unit pada Saka Indonesia Pangkah Limited menggunakan biological treatment yang memanfaatkan bakteri aerob untuk mengurangi kadar Chemical Oxygen Demand (COD) effluent pada produce water saat eksplorasi minyak agar sesuai dengan baku mutu. Untuk menjaga agar bakteri tetap hidup diperlukan tambahan substrat berupa nitrat dan fosfat yang dijaga pada kondisi tertentu. Uji data operasional menunjukan bahwa hubungan antara kadar COD effluent dengan variabel-variabel lain non linier dan kompleks. Sehingga dibutuhkan pemodelan black box seperti Artificial Neural Network (ANN) untuk memodelkan hubungan ini. Dari Process Flow Diagram (PFD), data operasional dan pertimbangan manajemen maka 11 variabel menjadi input model ANN dan COD sebagai output variabel. Output variabel model ini akan menjadi fungsi objektif dimana tujuannya adalah nilai minimum. Dua input variabel sebagai variabel yang dioptimisasi yaitu massa nitrat dan fosfat. Sedangkan konstrain berupa 9 parameter operasional dan tiga range variabel input-output. Hubungan empiris antara variabel input-output yang tidak mempunyai persamaan turunan maka teknik optimisasi stokastik diperlukan. Salah satu teknik optimisasi stokastik adalah Genetic Algorithm (GA). Hasil dari prediksi ANN menggunakan struktur Multi Layer Perceptron (MLP) dengan input Finite Impulse Response (FIR) serta pelatihan Levenberg-Marquardt menghasilkan Root Mean Square Error (RMSE) paling optimal berada pada hidden node 42 yaitu RMSE selama pelatihan adalah 0.16092 dan RMSE selama validasi 1.73769. Optimisasi kadar COD mendapatkan hasil kadar COD optimal yaitu 44.8668 mg/L pada kadar nitrat sebesar 9 mg/L dan kadar fosfat sebesar 12 mg/L. 
Pemanfaatan Computer Vision pada E-commerce: Studi tentang Pengenalan Citra Produk, Deteksi Objek, dan Klasifikasi Citra Produk Rangga Gelar Guntara
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 3 (2023): Maret-April
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.625 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah bidang perdagangan elektronik atau e-commerce. E-commerce menawarkan banyak keuntungan bagi pelanggan, namun tantangan utamanya adalah bagaimana mengatasi masalah kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dibeli secara online. E-commerce telah menjadi tren yang semakin populer dalam era digital ini. Namun, salah satu tantangan yang dihadapi oleh situs web e-commerce adalah mengelola produk dengan jumlah yang besar dan beragam. Pemanfaatan teknologi computer vision dapat membantu mengatasi masalah ini dengan mengenali ciri-ciri visual pada produk dan mengklasifikasikan produk secara otomatis. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan computer vision pada e-commerce, khususnya dalam pengenalan citra produk, deteksi objek, dan klasifikasi citra produk. Penelitian ini membahas tentang teknologi yang digunakan dalam pemanfaatan computer vision pada e-commerce, serta keuntungan yang didapat dari penggunaannya, termasuk citra produk yang lebih akurat, penghematan waktu dan biaya, serta pengalaman belanja yang lebih baik bagi pelanggan. Diharapkan dengan perkembangan teknologi, penggunaan computer vision pada e-commerce dapat terus berkembang dan membawa manfaat yang lebih besar pada industri e-commerce. 
KAJIAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA YANG DI LAKUKAN OLEH GENG MOTOR (Studi iPenelitian idi iWilayah iHukum iPolresta iMedan) Ayu Miranda Lubis
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 1 (2022): November
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

hh
Implementasi Literasi Baca-Tulis Pada Pembelajaran Teks Anekdot Di Kelas X-4 Sma Negeri 6 Lhokseumawe Mawaddah M
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 3 (2023): Maret-April
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.843 KB)

Abstract

Literasi baca-tulis  merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan. Literasi membaca dan menulis menjadi hal pokok yang dibutuhkan untuk memahami dan mengomunikasikan ide, gagasan, dan informasi dalam lintas disiplin ilmu lainnya. Dalam pembelajaran, literasi membaca memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran secara komperehensif, sedangkan literasi menulis dapat membantu siswa dalam mengembangkan daya pikir kritis analitis. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X-4. Data penelitian dikumpulkan melalui pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Implementasi literasi baca-tulis dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Kegiatan literasi membaca yang dilakukan siswa meliputi menyimak teks anekdot, memirsa teks berbentuk komik, dan membandingkan informasi antara teks visual dengan teks eksposisi. Pada kegiatan literasi menulis, siswa mengevaluasi pesan dalam teks anekdot secara kritis, mengonversi teks eksposisi menjadi teks anekdot, dan membuat komik strip sebagai media kritik sosial. Implementasi literasi baca-tulis dilakukan secara terintegrasi dalam pembelajaran. 
HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI DESA BUMBUNGON KECAMATAN DUMOGA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Echa Effendy Siswanto Amir; Agustin A; Darmin D
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 1 (2022): November
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.66 KB)

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan yang dialami oleh lansia juga dapat menyebabkan kesulitan tidur serta dapat mempengaruhi kosentrasi dan kesiagaan, dan juga meningkatkan resiko-resiko kesehatan, serta dapat merusak fungsi sistem imun. Kekurangan tidur pada lansia  memberikan pengaruh terhadap fisik, kemampuan kognitif dan juga kualitas hidup. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan kualitas tidur pada lansia di Desa Bumbungon Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode Penelitian: Rancangan penelitian yaitu deskriptif analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 52 responden. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi spearman rho menunjukkan kedua variabel Sig. 2-tailed adalah 0,002 dengan kesimpulan bahwa ada korelasi atau hubungan antara kecemasan dengan kualitas tidur pada lansia.. Kesimpulan:Hal ini berarti terdapat hubungan yang sedang antara kecemasan dengan kualitas tidur pada Lansia di Desa Bumbungon Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow.
Berutang dan Membayar Utang Dalam Perspektif Islam Alwazir Abdusshomad
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.465 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh setiap manusia memiliki beragam kebutuhan yang harus dipenuhi demi keberlangsungan hidup. Kebutuhan tersebut yaitu mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak jarang seseorang akan berutang terhadap saudara, kerabat, ataupun pihak ketiga lainnya. Berutang bisa juga memicu konflik atau keretakan dalam hubungan sosial seperti pertemanan atau persaudaraan jika tidak diatur dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian Pustaka dari beberapa sumber baik media elektronik maupun cetak, serta jurnal dan buku elektronik. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam perspektif Islam, berutang dan membayar utang adalah suatu tindakan yang diperbolehkan, bahkan dianggap sebagai suatu kewajiban yang harus dipenuhi dengan baik dan benar. Namun, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam mengambil dan membayar utang. Dalam mengambil utang, seorang muslim harus memperhatikan tujuan penggunaan uang tersebut, untuk memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dan tidak bertentangan dengan hukum syariah. Selain itu, jumlah utang yang diambil juga harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayar kembali. Dalam membayar utang, seorang muslim harus selalu berusaha untuk melunasi hutangnya dengan tepat waktu dan tanpa ada penundaan. Jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran, maka ia harus mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan hutang tersebut dengan cara yang baik dan tidak menyulitkan pemberi hutang.

Page 1 of 103 | Total Record : 1026