Sukma: Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 1 (2023)

Kaitan Big Data Pada Platform Zoom dan Google Classroom Sebagai Media Penunjang Pembelajaran

Irika Widiasanti (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Aisyah Anggie Firsta Zanuara (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Dinda Fitri Maulidina (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Frima Armedia Rani Atmaja (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Sabrina Rida Putri (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran jarak jauh atau online semakin menjadi tren di era digital ini. Platform seperti Zoom dan Google Classroom (GCR) sangat membantu dalam mendukung pembelajaran online. Namun, bagaimana big data pada platform tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran masih menjadi topik penelitian yang menarik. Artikel ini membahas tentang bagaimana big data pada platform Zoom dan GCR dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online. Dengan analisis data pengguna, personalisasi pembelajaran, dan peningkatan efektivitas pembelajaran, pengajar dapat memperoleh informasi yang sangat bermanfaat dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif. Namun, etika dan kebijakan privasi data pengguna harus tetap diperhatikan dalam penggunaan big data pada platform tersebut. Dalam rangka meningkatkan pembelajaran online, penggunaan big data pada platform Zoom dan GCR dapat menjadi solusi yang efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

SUKMA: Jurnal Pendidikan is an academic journal bi-annually published in Indonesia. It covers issues related to education in general: teacher, student, school management, curricula, teaching methods, teaching evaluations, education best practices, learning materials, et cetera. ...