Latar Belakang, rendahnya kualitas pendidikan dipercaya sebagai penyebab rendahnya kualitas sumber daya manuisa. Tuntutan peningkatan kualitas pendidikan tidak saja terletak pada perbaikan mutu input dan outpun. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) memiliki posisi yang strategis dalam penyelenggaraan program pendidikan non formal atau dulu dikenal dengan pendidikan luar sekolah. Hal ini ditunjukkan pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menetapkan PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan non formal. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, "Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua,” Kemendiknas Kabupaten Kutai Timur mengimplementasikan, dengan menetapkan visinya: Terwujudnya Insan Yang Bertakwa, Cerdas, Kompetitif, dan Berprestasi Gemilang di Tingkat Nasional maupun Internasional. Tujuan penelitian, meningkatkan kualitas pendidikan, manajemen mutu. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian tindakan, metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data, analisis, dan tindakan perbaikan yang dilakukan oleh para praktisi pendidikan sendiri dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam konteks sekolah kesetaraan Paket C, penelitian tindakan dapat melibatkan pengamatan langsung, refleksi, dan implementasi perubahan dalam proses pembelajaran dan manajemen mutu, Hasil Penelitian, perencanaan manajemen mutu Sekolah Kesetaraan Paket C, mencakup kegiatan yang akan dilakukan, sumber daya yang dibutuhkan, jadwal pelaksanaan, dan tanggung jawab pihak-pihak terkait. Pelaksanaan rencana tindakan perlu dilakukan secara konsisten dengan melibatkan semua pihak terkait, seperti guru, staf sekolah, siswa, dan orang tua. Partisipasi masyarakat memainkan peran penting dalam meningkatkan lulusan sekolah kesetaraan Paket C di Kabupaten Kutai Timur. Simpulan melalui keterlibatan orang tua, kolaborasi dengan komunitas, dukungan sosial, dan penyediaan sumber daya, masyarakat dapat membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik Rekomendasi, rekomendasi, diperlukan pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan untuk memastikan pengajar memiliki pemahaman mendalam tentang kurikulum, metode pengajaran yang efektif, dan penilaian yang akurat.
Copyrights © 2023