Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2023

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA PENAGA

Tubel Agusven (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Selvi Fauzar (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Surya Kusumah (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Ludi Warisman (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Angie Yuanita (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Sulastri Sulastri (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Yusmawati Yusmawati (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Yoga Trymikha Pradana (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu kurangnya pemahaman akan teknologi sehingga mengalami keterbatasan dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dilakukannya program pemberdaya wirausaha untuk membantu mengebangkan dan meningkatkan penjualan. Tujuan pengabdian ini secara umum mendeskripsikan dampak digital marketing terhadap volume penjualan bagi pelaku UMKM Desa Penaga. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan dilakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pelaku UMKM. Penggunaan digital marketing juga merupakan program pemberdayaan dengan melakukan pembuatan akun dan pelatihan cara penggunaannya dengan hasil peningkatan penjualan dan konsumen baru dari produk usaha. Dari hasil penelitian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...