Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA KELAS V SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN

Salma Khoerotu Syarifah (Universitas Pakuan)
Tustiyana Windiyani (Universitas Pakuan)
Yudhie Suchyadi (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pengembangan e-modul menggunakan flipbook pada kelas v subtema 3 usaha pelestarian lingkungan pada kelas V SDN Pagelaran 03 Kabupaten Bogor serta mengetahui kelayakan e-Modul Berbasis flipbook terhadap proses pembelajaran. Metode yang digunakanan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE Pada penelitian ini telah dilakukan uji validasi kepada beberapa para ahli dibidang media, bidang bahasa, dan bidang materi untuk mengembangkan serta menyempurnakan produk e-modul menggunakan flipbook kepada siswa. Hasil data dari validasi ahli media 94,7% yang artinya e-modul sangat layak untuk di uji cobakan. Ahli bahasa diperoleh hasil 94,54% yang artinya dinyatakan sangat layak serta hasil dari ahli materi 86% yang dimana dinyatakan sangat layak untuk di uji cobakan. Serta berdasarkan uji coba yang telah dilakukan kepad siswa kelas V sebanyak 23 siswa memperoleh nilai yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran sebesar 87,66% yang dimana artinya produk E-Modul menggunakan flipbook ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...