Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia

Analisis Reaksi Pasar Terhadap Naiknya Harga Bbm Bagi Perusahaan Pada Sektor Pangan Yang Terdaftar Di BEI

Falah Sadjida (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Lifatin Nada (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Darmawan Darmawan (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti dan menguji bagaimana reaksi pasar terhadap kenaikan harga BBM bagi PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dan PT Ultrajaya Milk Industry Trading Company Tbk. Metode penelitian ini adalah metode studi peristiwa (event study) yaitu metode yang meneliti bagaimana reaksi pasar terhadap suatu informasi berita. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang didapatkan dari harga saham yang disajikan oleh finance.yahoo.com dan diolah menggunakan software aplikasi Exel dan SPSS versi 26 kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji one sample t-test, uji paired samples test dan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil dari penelitian ini berdasarkan abnormal return yaitu reaksi pasar terhadap peristiwa kenaikan harga BBM dikategorikan lemah atau dapat dikatakan pasar bersifat pasar efisien lemah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...