Penelitian ini membahas masalah penggunaan Media Visual (Grafis) dalam penguasaan kosakata bahasa Arab bagi santriwati di pondok Pesantren IMMIM Putri Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan media yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab, mendeskripsikan cara penggunaan media pembelajaran visual (Grafis), dan menganalisis efektifitas penggunaan media pembelajaran visual (Grafis) pada peserta didik kelas VII.A Pondok Pesantren IMMIM Putri, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research. Data diperoleh melalui observasi, pretest dan posttest serta wawancara. Data dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS yaitu paired sampel T test. Penerapan media pembelajaran media visual (Grafis) dilakukan dengan cara peserta didik dibagi ke dalam tiga kelompok, setiap kelompok mengumpulkan lima kosakata lingkungan pesantren. Kemudian peneliti mengintruksikam untuk menghafal kosakata tersebut dengan melihat gambar yang telah disediakan oleh peneliti, dan juga ada latihan di beberapa pertemuan selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terlihat adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah menggunakan media visual grafis. Data menunjukkan bahwa nilai rerata pretest adalah 25.28% dan nilai posttest meningkat menjadi 63.89 %. Dengan demikian efektifitas penggunaan media visual grafis masuk dalam kriteria tinggi. Hasil uji paired sampel T test juga menunjukkan nilai Signifikan Sig. (2-tailed) adalah 0.000 (p < 0,05). Artinya terjadi peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren IMMIM Putri Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan setelah penggunaan media pembelajaran visual (Grafis).
Copyrights © 2023