JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 6 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Faktor Demografi

Sunandie Eko Ginanjar (STIA Bagasasi, Indonesia)
Laili Nur Kholisoh (Madrasah Aliyah Al Wathoniyah 43, Indonesia)
Sutinah Sutinah (SD Negeri Sindangsari Cimahi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Intrumen pembelajaran memiliki tiga aspek utama dalam penilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotor yang menjadi indikator capaian pembelajaran siswa, hal tersebut berimbas pada dampak kemandirian siswa yang meningkat atau menurun sesuai kecocokan skenario yang dibuat oleh guru. Penelitian ini memfokuskan pada analsis kemandirian akan dampak dari intrumen pembelajaran yang digunakan guru dengan tujuan mengukur tingkat keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sesuai skenario, atau skenario yang tidak sesuai dengan potensi dan kemampuan siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian Kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, penyebaran angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan kemandirian perilaku dari siswa laki-laki lebih besar dibandingkan dengan siswa perempuan, hasil kemandirian nilai siswa perempuan lebih besar dibanding siswa laki-laki. Hasil kemandirian emosi siswa perempuan lebih besar dibanding siswa laki-laki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...