LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol. 20 No. 2 (2023): September

Karakteristik Pemerolehan Bahasa Anak Autis Temper Tantrum: Studi Kasus Anak Usia 6 Tahun

Volan Febrileno Febri (Universitas Negeri Padang)
agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Anak autis temper tantrum tidak bisa berbicara dengan baik seperti anak pada umumnya sehingga ia susah berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungannya. Bahasa yang diujarkan banyak tidak dimengerti lawan tuturnya karena kesulitan dalam memahami kosakata yang diujarkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pemerolehan bahasa anak autis temper tantrum usia 6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan data berupa kata dan kalimat yang diujarkan anak tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik elisitasi, observasi, wawancara, dan bukti dokumentasi. Penganalisisan data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari data yang ada. Berdasarkan analisis data, anak autis temper tantrum umur 6 tahun ini secara keseluruhan sudah menguasai pemerolehan bahasa dari tiga aspek utama. Pertama, dilihat dari aspek pemerolehan bahasa ekspresif, subjek sudah menguasai kosakata berdasarkan ucapan, melaksanakan perintah, dan menggunakan gerakan. Kedua, dari aspek medan makna, Subjek sudah menguasai kosakata hubungan kekerabatan, nama benda, aktivitas sehari-hari, olahraga, dan transportasi. Ketiga, dari aspek kelas kata, Subjek sudah menguasai empat kelas kata dari 13 jenis kelas kata, yaitu verba, adjektiva, nomina, dan numeralia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa anak autis temper tantrum umur 6 tahun ini secara keseluruhan sudah menguasai pemerolehan bahasa ekspresif, penguasaan medan makna, dan penguasaan kelas kata; hal ini dapat dilihat dari data tuturan subjek ketika ditanya oleh penutur. Meskipun ada beberapa kosakata dalam pelafalannya belum sempurna, namun subjek sudah paham dan bisa menuturkan koskata berdasarkan klafikasinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lingua

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

LINGUA primarily focuses on research on language learning and teaching in context of EFL/ESL, in a variety of levels including school level, university level, institute level, etc. Researches on culture and linguistics are of the secondary interest of LINGUA. LINGUA welcomes papers on teaching and ...