Makalah ini memaparkan tentang model jembatan berbahan pelat, baik untuk girder maupun untuk lantainya. Keduanya dibentuk orthotropic yang menyilang. Girder dibentuk orthotropic arah memanjang jembatan, dan lantai dibentuk orthotropic arah melintang jembatan. Untuk menambah kekakuan girder, maka diatas lantai orthotropic dipasang beton bertulang cor ditempat. Tipe struktur ini diberi nama Plate Girder Tipe U (PGU) orthotropic komposit. Untuk membuktikan apakah beton bertulang yang dipasang diatas lantai orthotropic dapat menambah kekakuan, maka dibuat model jembatan dengan skala 1:10. Model jembatan di uji pembebanan. Uji pembebanan dilakukan terhadap PGU orthotropic non komposit dan terhadap PGU orthotropic komposit. Hasil uji pembebanan menunjukkan bahwa PGU orthotropic komposit memiliki daya layan sebesar 2,7 kali dari daya layan PGU orthotropic non komposit
Copyrights © 2023