Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran mentimeter terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis tipe desain Pre-Eksperimental dalam bentuk one group pretest and posttest design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA Srijaya Negara Palembang dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 3 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen.Teknik pengambilan sampelnya merupakan teknik cluster random sampling dan teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi melalui pembelajaran tatap muka. Hasil belajar berupa pretest dan posttest, analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat menggunakan media pembelajaran mentimeter. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t menggunakann uji t-test sampel relate diperoleh thitung > ttabel yaitu 27,016 > 1,667 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Disarankan agar sekolah menambah proyektor serta menambah kapasitas jaringan wifi guna mendukung proses pembelaran yang menerapkan media berbasis teknologi.
Copyrights © 2023