Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan implementasi metode pembelajaran ular tangga berkelompok sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar IPS materi Pluralisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan tingkah laku, tanggapan, tindakan individu dan kelompok dalam bentuk kata-kata dan bahasa, secara alamiah (natural). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri Kota Batu. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana semua data yang diperoleh akan dikelompokkan untuk selanjutkan direduksi dan disajikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran ular tangga berkelompok dapat : 1) memotivasi dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran; 2) melatih keterampilan siswa dalam komunikasi, kolaborasi dan berfikir kreatif; 3) memunculkan kreativitas melalui kegiatan saling berbagi, bertukar pikiran dan mendapatkan manfaat dari berbagai ide; 4) digunakan dalam berbagai mata pelajaran dengan melakukan modifikasi dan penyesuaian pada karakteristik siswa dan karakteristik kelas.
Copyrights © 2023