Chemistry Education Practice
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Analisis Persepsi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) Dan Hubungannya Dengan Sikap Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 6 Mataram

Ni Kadek Dwi Anggraeni (Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
I Nyoman Loka (Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Supriadi (Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Syarifa Wahidah Al Idrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring (online), mengetahui sikap belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring (online) dan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan antara persepsi siswa kelas XII MIPA terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) dengan sikap belajar kimia. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan korelasional dengan korelasi Spearman Rank. Sampel yang digunakan siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram sebanyak 94 siswa dengan metode pengambilan sampel Proposional Stratifed Random Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan metode skala Likert. Persepsi siswa dalam penelitian ini terdiri dari tiga indikator yakni indikator kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sikap belajar juga terdiri dari tiga indikator yaitu indikator sikap terhadap guru/pengajar, sikap terhadap proses pembelajaran, dan sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai atau norma-norma tertentu yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dan sikap belajar kimia siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) secara umum menunjukkan kategori cukup baik. Hasil uji hipotesis penelitian didapatkan nilai rho hitung sebesar 5,035 dan rho tabel sebesar 0,364 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) dengan sikap belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram dengan tingkat hubungan yang sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...