Chemistry Education Practice
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Melatih Model Mental Siswa SMA di Daerah Geopark Rinjani

Supriadi Supriadi (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Wildan Wildan (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Jeckson Siahaan (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Muntari Muntari (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Mukhtar Haris (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Telah dikembangkan media pembelajaran kimia berbasis teknologi augmented reality untuk melatih model mental siswa SMA di daerah geopark rinjani.  Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran daring  berbasis augmented reality menggunakan desain 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Media yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator. Selain itu, dilakukan juga uji efektivitas melalui uji coba terbatas. Pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian model mental yang mencakup tiga tingkatan representasi dalam kimia, yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya media pembelajaran yang sudah valid, praktis, dan efektif dengan skor validitas sebesar 0,86, skor kepraktisan sebesar 84,96% dan sebagian besar siswa mengembangkan model mental sitetik, tetapi tidak ada yang mampu mencapai model mental saintifik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...