Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)
SEMNASTEK UISU 2019

ANALISIS BIAYA KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING (ABC) (STUDI KASUS : CV. KOTAMA SHOES)

Hadi Purwanto (Jurusan Teknik Industri-Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Medan Jl Gedung Arca No.52 Medan Telp (061)7363771)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Perhitungan dan analisis biaya kualitas adalah suatu langkah awal dalam program Total Quality Management. Permasalahan yang ada pada perusahaan ini adalah belum adanya perhitugan biaya kulitas. Perhitungan dilakukan terhadap empat elemen biaya kualitas, yaitu biaya pencegahan dan penilaian (conformance), biaya kegagalan internal dan biaya eksternal (non-conformance). Analisis biaya kualitas dapat digunakan sebagai informasi awal diperlukan atau tidaknya improvement. Perhitungan biaya kualitas pada penelitian ini menggunakan metode ABC. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghitung total biaya kualitas dan komposisi elemen-elemen penyusunnya. Perhitungan biaya kualitas pada CV. Kotama Shoes melibatkan biaya-biaya yang terjadi pada rentang tahun 2016 sampai tahun 2017. Salah satu tool yang digunakan adalah diagram sebab akibat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa biaya kegagalan memiliki proporsi terkecil yaitu sebesar 13%, dan kondisi penjualan paling tinggi sebesar 0,5%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Engineering

Description

SEMNASTEK UISU memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Teknik Sipil Teknik Mesin Teknik Elektro Teknik Informatika Teknik Arsitektur Teknik Industri. Dan topik lainnya yang relevan dengan Ilmu ...