cover
Contact Name
Oris Krianto Sulaiman
Contact Email
oris.ks@ft.uisu.ac.id
Phone
+6282285900883
Journal Mail Official
p.ilmiah@ft.uisu.ac.id
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)
ISSN : -     EISSN : 29876818     DOI : https://doi.org/10.30743/semnastek
Core Subject : Engineering,
SEMNASTEK UISU memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Teknik Sipil Teknik Mesin Teknik Elektro Teknik Informatika Teknik Arsitektur Teknik Industri. Dan topik lainnya yang relevan dengan Ilmu Teknik.
Articles 207 Documents
STUDI FUNDAMENTAL SYMMETRICAL SHORT CIRCUIT CALCULATION (S-SCC) 14 BUS IEEE-POWER SYSTEMS Rahmaniar Rahmaniar; Agus Junaidi; Rudi Salman; Joni S. Rambey
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.869 KB)

Abstract

Gangguan hubung singkat pada sistem tenaga listrik, merupakan hubungan antar satu sistem bertegangan dengan sistem lain terhubung langsung dengan impedansi yang sangat kecil. Hubungan langsung mengakibatkan distribusi aliran arus listrik dititik gangguan melampaui arus nominal. Keadaan ini berdampak pada ketidakstabilan sistem, sistem bekerja pada keadaan tidak seimbang serta yang dapat merusak peralatan, jika gangguan tidak dinetralisir (diamankan). Studi gangguan hubung singkat secara fundamental terdiri atas gangguan simteris dan gangguan tidak simetris. Gangguan Simetris yang sering dikenal dengan gangguan tiga fasa, dapat dianalisis berdasarkan data parematrik reaktansi sub-peralihan sistem. Analisis gangguan simetris dapat dijadikan sebagai acuan dalam mementukan kapasitas breaker. Penentuan nilai gangguan simetris dilakukan dengan memodelkan diagram segaris, kemudian dilakukan entri data reaktansi sistem, selanjutnya ditetapkan notasi secara simbolik titik-titik hubung yang disebut sebagai Bus. Jumlah Bus akan menentukan banyaknya orde matrik dari matrik impedansi bus (ZBUS). Matrik Z bus ini menjadi acuan dalam menentukan nilai imepdansi short circuit pada tiap bus, melalui pengamatan diagonal matrik ZBUS. Kalkulasi menggunakan alat bantu perangkat lunak matlab, untuk menentukan besaran arus gangguan tiap bus. Dari data 14 BUS-IEEE Power Systems, dilakukan uji coba untuk studi fundamental hasil analisis terbesar pada bus1 dan 2, dengan nilai arus sebesar 9,58 Pu
ANALISIS SISTEM NAVIGASI UDARA MODEL 432 (DVOR) UNTUK MEMANDU PESAWAT MENUJU BANDARA Yoga Tri Nugraha; Noorly Evalina; Muhammad Fitra Zambak; Sri Indah Rezkika; Sari Novalianda
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.82 KB)

Abstract

Pada awalnya, navigasi untuk memandu pesawat kebandara tujuan hanya dengan menggunakan penglihatan saja dan memiliki kemampuan yang masih terbatas. Peralatan navigasi yang diperlukan dan memiliki kemampuan yang tidak terbatas (kontinu) untuk memandu pesawat menuju bandara adalah DVOR. DVOR yaitu suatu peralatan navigasi udara untuk memandu pesawat agar bisa mendarat sempurna pada bandara yang dituju dengan cara memberikan informasi berupa azimuth atau bearing buatan yang menggunakan frekuensi akibat adanya efek doppler, bukan azimuth arah sebenarnya kepada pesawat melainkan informasi terhadap titik DVOR ground station yang ada pada Bandara Kualanamu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Efek Doppler. Berdasarkan arah mendarat runway 23, OBS menunjukkan azimuth / bearing 110º sebagai panduan arah bandara tujuan, dengan frekuensi Efek Doppler antena sideband 112.209.950,09 Hz. Berdasarkan arah mendarat runway 05, OBS menunjukkan azimuth / bearing 191º sebagai panduan arah bandara tujuan, dengan frekuensi Efek Doppler antena sideband 112.209.960,049 Hz. Dan jenis gangguan frekuensi yang terjadi pada pengiriman sinyal frekuensi DVOR ke penerima (pesawat) adalah noise, fading, interferensi frekuensi radio.
MODEL TARIKAN PERGERAKAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DI WILAYAH DELI SERDANG Irma Dewi; Sri Asfiati; Inriyani Inriyani
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.338 KB)

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas jenis tata guna lahan yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin berobat. Selain biayanya yang lebih murah dibanding rumah sakit, fasilitasnya juga menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Penelitian ini dilakukan untuk membuat model yang dapat digunakan untuk memperkirakan besar tarikan pergerakan ke puskesmas serta untuk mengetahui tingkat validitas dari model tersebut berdasarkan nilai koefisien determinasi. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung jumlah pergerakan kendaraan yang memasuki area parkir puskesmas, dan mencatat beberapa data dari karakteristik tata guna lahan dan jumlah pegawai. Analisis model dilakukan dengan analisis model regresi linear berganda metode stepwise dan enter dengan menggunakan software IBM SPSS. Model terbaik tarikan pergerakan kendaraan di puskesmas wilayah Deli Serdang adalah model dari metode stepwise dengan tarikan kendaraan (Y) sebesar nilai konstanta 6,309 ditambah koefisien arah variabel bebas (luas bangunan) 0,006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi adalah luas bangunan. Dengan pengaruh  semakin besar nilai variabel bebas (luas bangunan) maka semakin besar pula tarikan pergerakan kendaraan yang terjadi. Tingkat validitas pada model berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,960; sehingga persamaan regresi yang dihasilkan baik untuk mengestimasi nilai variabel terikat.
ANALISIS KEBUTUHAN PARAMETER JARINGAN LTE DENGAN SISTEM REFARMING FREKUENSI PADA DAERAH URBAN METROPOLITAN CENTRE Sri Indah Rezkika; Sari Novalianda; Andri Ramadhan
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.035 KB)

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan oleh operator seluler untuk mempertahankan kualitas layanan data adalah membangun teknologi 4G Long Term Evolution. Namun, terbatasnya spektrum frekuensi yang tersedia menciptakan suatu sistem yang disebut dengan refarming frekuensi sebagai solusi untuk membangun teknologi 4G LTE (Long Term Evolution). Pada tulisan ini, untuk memprediksikan jumlah kebutuhan parameter jaringan LTE meliputi link budget, path loss, cell radius, coverage area, dan eNodeB pada daerah metropolitan centre dengan menentukan model propagasi path loss COST231-Hata, frekuensi kerja 1800 MHz, tinggi antena pemancar 70 m dan tinggi antena penerima 3 m. Dari analisis yang dilakukan secara perhitungan pada lokasi urban metropolitan centre diperoleh nilai MAPL sebesar 195,16 dBm, cell radius sebesar 0,087 km, coverage area seluas 0,039 km, dan jumlah sel eNodeB sebanyak 2 buah.
ANALISA VARIASI ARUS PENGELASAN SMAW DENGAN ELEKTRODA 7018 PADA BAJA KARBON AISI 1050 TERHADAP KEKUATAN TARIK Ahmad Bakhori
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2023
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.695 KB)

Abstract

Pada dasarnya bahan teknik sangatlah diperlukan data dan spesifikasi kekerasan maupun tekanan bahan itu sendiri sebelum di gunakan, sehingga dalam penggunaan suatu bahan tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahu seberapa besar ketangguhan hasil sambungan las SMAW terhadap kekuatan tarik pada baja karbon rendah aisi 1050 setelah dilakukan pengujian. Dalam penelitian ini di gunakan mesin las SMAW (Shielded Metal Arc Welding) dengan  variasi arus 60 A, 80 A dan 100 A menggunakan elektroda E7018 dengan diameter 3,2  mm,kemudian dilakukan pengujian tarik. Hasil uji tarik menunjukkan bahwa kekuatan tarik tertingi ada pada pengelasan dengan arus 100 A yaitu sebesar 643,01 N/mm2Sedangakan nilai kekuatan terik terendaha adalah pada pengelasan arus 60 A yaitu 599,30 N/mm2Sementara hasil kekuatan tarik baja aisi 1050 sebelum dilas adalah sebesar 680 N/mm2 berarti terjadinya penurunan kekuatan tarik setelah mengalami Pengelasan. 
PENGGUNAAN KAPASITOR BANK SEBAGAI SOLUSI DROP TEGANGAN PADA JARINGAN 20 KV Zuraidah Tharo; Amani Darma Tarigan; Siti Anisah; Kevin Tri Yuda
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.051 KB)

Abstract

Dalam sistem distribusi energi listrik, salah satu persyaratan keandalan sistem penyaluran adalah kualitas tegangan yang baik dan stabil. Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini pada bidang distribusi tenaga listrik adalah drop tegangan. Drop tegangan merupakan selisih antara tegangan kirim dan tegangan terima. Apabila terjadi drop tegangan hingga di luar batas toleransi yang diizinkan maka akan mengganggu kinerja peralatan listrik yang ada. Untuk meningkatkan kehandalan saluran distribusi maka dibutuhkan kapasitor bank yang berfungsi untuk memperbaiki tegangan yang disalurkan. Kapasitor bank ini dihitung dan di analisa dengan berdasarkan persentase drop tegangan pada SPLN No. 72 : 1987 persentase drop tegangan pada trafo distribusi yaitu sebesar 3%. Berdasarkan perhitungan dan analisa, pemasangan kapasitor bank pada jaringan tegangan menengah 20 kV dapat memperbaiki tegangan pada pelanggan sehingga dapat menjaga kwalitas penyaluran energi listrik agar kontinuitas pelayanan terpenuhi.
PENGGUNAAN METODE BLENDING LEARNING UNTUK PENGAJARAN BERBASIS WEB Hermansyah Alam; Muhammad Denny Syahputra; Helma Widya; M. Ilmi Zikri Firdaus
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2023
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.527 KB)

Abstract

Pendidikan menduduki peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas manusia, baik sosial, spiritual intelektual, maupun kemampuan profesional. Karena manusia merupakan kekuatan utama pembangunan, maka demikian mutu sistem pendidikan akan menentukan tingkat keberhasilan pembangunan. Salah satu cara agar tercapainya tujuan utama dari pembangunan pendidikan yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran blended learning atau pembelajaran campuran yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Pembelajaran online (e-learning) merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet, intranet, dan berbasis web yang memungkinkan terjadinya interaksi belajar antara peserta didik dan pendidik dengan mengakses informasi dan materi pelajaran kapanpun dan dimanapun. Pengembangan yang digunakan pada e-learning ini berupa Learning Management Sistem (LMS). LMS ini merupakan sistem pengelolaan pembelajaran secara integratif berbasis website. LMS yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu schoology. Schoology dilengkapi dengan berbagai macam pembelajaran yang hampir sama di kelas dunia nyata yaitu mulai dari absensi, test dan kuis, hingga kotak untuk mengumpulkan tugas mandiri dan berkelompok, UTS serta UAS. Pembelajaran blended learning dapat meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas dalam pembelajaran serta meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi yang menjadi sebuah tujuan utama dalam menunjang peningkatan pendidikan yang bermutu.
ANALISIS PENETAPAN TARIF HARGA JALAN BEBAS HAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN BEBAS HAMBATAN JASA MARGA KUALANAMU TOL SEKSI 7 SEI RAMPAH – TEBING TINGGI Marwan Lubis; Gladys Yolanda Hasugian
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.076 KB)

Abstract

Pemerintah provinsi Sumatera Utara sedang melakukan pembangunan infrastruktur transportasi diantaranya pembangunan jalan tol di ruas jalan Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT). Perencanaan pembangunan Tol JMKT ini diharapkan mampu memperbaiki kondisi lalu lintas dari kawasan Sei Rampah – Tebing Tinggi  dengan pendistribusian volume kendaraan dengan mengurangi arus kendaraan yang menuju kota Sei Rampah – Tebing Tinggi dan sebaliknya. Jalan tol JMKT ini juga diharapkan mampu mempersingkat waktu perjalanan  para pengguna jalan dari asal menuju tujuan mereka,mempermudah aksesibilitas masyarakat menuju Tebing Tinggi dan membantu upaya perbaikan tata guna lahan di kawasan Sei Rampah – Tebing Tinggi. Jalan tol JMKT merupakan jalan bebas hambatan berbayar. Hasil perhitungan dari analisis tarif jalan tol ini akan dibayarkan oleh calon pengguna jalan tol Seksi 7 (Sei Rampah – Tebing Tinggi). Jenis kendaraan yang ditinjau hanya kendaraan golongan I, IIA dan IIB. Analisis biaya operasional kendaraan didasarkan pada analisis yang dikembangkan oleh LAPI-ITB menggunakan metode PCI (Pasific Consultant International) yang bekerja sama dengan PT. Jasa Marga. Perhitungan tarif yang diperoleh untuk jalan tol JMKT Seksi 7 adalah golongan I: Rp.9700, golongan II A: Rp.14400 dan golongan II B: Rp.14500. Tarif dihitung berdasarkan 70 % dari besar keuntungan biaya operasional kendaraan. Biaya operasional  kendaraan terdiri dari biaya konsumsi bahan bakar, konsumsi minyak pelumas, pemakaian ban, biaya pemeliharaan, biaya mekanik (montir), penyusutan (depresiasi), biaya suku bunga, dan biaya asuransi.
PENGARUH STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN KAPUR DOLOMIT TERHADAP NILAI CBR TANAH Aisyah M. Daulay; Jupriah Sarifah; Bangun Pasaribu; Anisah Lukman
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2022
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.179 KB)

Abstract

Tanah menduduki peran yang sangat penting dalam suatu konstruksi bangunan.Fungsi tanah sebagai pondasi bangunan harus memiliki kondisi tanah yang stabil, apabila ada sifat tanah yang masih kurang mampu untuk mendukung suatu bangunan maka harus diperbaiki terlebih dahulu agar mencapai daya dukung yang lebih optimal.Tanah lempung merupakan tanah yang meiliki sifat plastis yang apabila dalam kondisi kering menjadi keras dan menjadi plastis serta lengket dalam keadaan basah. Tanah lempung dapat diperbaiki dengan salah satu cara yaitu di stabilisasikan dengan cara penambahan kimia seperti kapur dolomit. Stabilisasi menggunakan kapur dolomit dapat mengurangi kelekatan dan kelunakan pada tanah. Adapun Pengujian yang telah  dilakukan adalah uji water content, berat spesifik tanah, analisa saringan, pengujian atterberg, pengujian pemadatan dan pengujian CBR. Kadar campuran yang digunakan adalah 5%,10%,15% dan 20%. Dari pengujian pemadatan diperoleh hasil kadar air optimum tanah asli sebesar 27%, kadar 5% sebesar 23%, kadar 10% sebesar 17% dan kadar 20% sebesar 16%. Dari pengujian CBR diperoleh hasil pada tanah asli sebesar 13.55%, kadar 5% sebesar 14.03%, kadar 10% sebesar 15.75%, kadar 15% sebesar 18.52% dan kadar 20% sebesar 25.30%. Hasil CBR dengan penambahan kapur dolomit mengalami peningkatan pada campuran kadar 20% dan kapur dolomit dapat digunakan untuk stabilisasi tanah lempung.
ANALISIS BIAYA KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING (ABC) (STUDI KASUS : CV. KOTAMA SHOES) Hadi Purwanto
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) SEMNASTEK UISU 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.853 KB)

Abstract

Perhitungan dan analisis biaya kualitas adalah suatu langkah awal dalam program Total Quality Management. Permasalahan yang ada pada perusahaan ini adalah belum adanya perhitugan biaya kulitas. Perhitungan dilakukan terhadap empat elemen biaya kualitas, yaitu biaya pencegahan dan penilaian (conformance), biaya kegagalan internal dan biaya eksternal (non-conformance). Analisis biaya kualitas dapat digunakan sebagai informasi awal diperlukan atau tidaknya improvement. Perhitungan biaya kualitas pada penelitian ini menggunakan metode ABC. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghitung total biaya kualitas dan komposisi elemen-elemen penyusunnya. Perhitungan biaya kualitas pada CV. Kotama Shoes melibatkan biaya-biaya yang terjadi pada rentang tahun 2016 sampai tahun 2017. Salah satu tool yang digunakan adalah diagram sebab akibat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa biaya kegagalan memiliki proporsi terkecil yaitu sebesar 13%, dan kondisi penjualan paling tinggi sebesar 0,5%.

Page 1 of 21 | Total Record : 207