Nobel Management Review
Vol 4 No 1 (2023): Nobel Management Review

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN (Studi di Kabupaten Pinrang)

Syamsir Nur (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Muhammad Idris (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Syamsul Alam (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pinrang, 2) pengaruh langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan di Kabupaten Pinrang, dan 3) pengaruh tidak langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan melalui kepuasan di Kabupaten Pinrang.Desain penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian ini akan dilaksanakan pada di Kabupaten Pinrang pada bulan Oktober sampai November 2019. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Wisatawan di Kabupaten Pinrang berjumlah 105 orang dijadaikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pinrang, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan di Kabupaten Pinrang, dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan melalui kepuasan di Kabupaten Pinrang,

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...