Penelitian bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pinrang, 2) pengaruh langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan di Kabupaten Pinrang, dan 3) pengaruh tidak langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan melalui kepuasan di Kabupaten Pinrang.Desain penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian ini akan dilaksanakan pada di Kabupaten Pinrang pada bulan Oktober sampai November 2019. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Wisatawan di Kabupaten Pinrang berjumlah 105 orang dijadaikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pinrang, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan di Kabupaten Pinrang, dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan wisatawan melalui kepuasan di Kabupaten Pinrang,
Copyrights © 2023