Borneo Journal of Biology Education (BJBE)
Vol 5, No 1 (2023): APRIL

ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH GENETIKA DASAR

Dewi Retnaningati (Unknown)
Ibrahim Ibrahim (Unknown)
Silfia Ilma (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu hal penting dari proses pembelajaran, sehingga untuk mencapai hasil belajar yang baik diperlukan kemampuan kognitif yang baik pula. Hal ini memberikan tantangan kepada pendidik untuk berinovasi dalam menentukan model/metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Hasil belajar kognitif peserta didik perlu dievaluasi sehingga pada proses pembelajaran berikutnya dapat dikembangkan model/metode pembelajaran serta penggunaan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Borneo Tarakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kognitif. Data nilai mahasiswa diperoleh dari hasil evaluasi materi pada mata kuliah Genetika Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki hasil belajar kognitif “sangat baik” sebesar 16,67%, “baik” sebesar 50%, dan “cukup” sebesar 33,33%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bjbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Other

Description

Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. BJBE merupakan media publikasi ilmiah seperti gagasan, Kajian, dan hasil penelitian yang berkualitas terkait Biologi dan ...