KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 5 No 02 (2023): KINERJA

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE DECISION PRODUK KOSMETIK HALAL INDONESIA

Kurnia Budhy Scorita (Universitas Negeri Jakarta)
Suhud Usep (Universitas Negeri Jakarta)
Widyastuti Umi (Unknown)
Wibowo Agus (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Saat ini kesadaran konsumen terhadap produk halal semakin meningkat, hal ini juga termasuk kepada pemilihan pada kosmetik halal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat pembelian pada produk kosmetik halal di Indonesia. Sebanyak 100 kuesioner dibagikan kepada 100 wanita Muslimah Indonesia dimana di dalamnya terdapat satu pertanyaan terbuka mengenai faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk kosmetik halal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS Statistik 26. Berdasarkan hasil analisis statistik di bidang demografi seperti usia, Pendidikan, dan pekerjaan, usia terbanyak adalah di rentang 17-25 tahun yaitu sebanyak 89%, Pendidikan terakhir konsumen yang tertinggi adalah lulusan SMA yaitu sebanyak 78%, dan pekerjaan responden terbanyak adalah sebagai Mahasiswi yaitu 81% dari total 100 responden. hasilnya menunjukkan bahwa alasan utama responden memilih kosmetik halal adalah berhubungan dengan kesesuaian dengan kepercayaan yang mereka anut atau religiusitas artinya memang sesuai dengan syariah agama Islam, alasan kedua karena dari karakteristik produk itu sendiri yang aman, halal, dan terjaga kualitasnya, dan yang ketiga tentunya tidak lepas dari adanya sertifikat halal pada produk kosmetik tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Kinerja

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

An objective of the KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is intended to be the journal for publishing articles reporting the results ...