Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternative strategi pengembangan usaha tenun songket motif tradisional Singengu Textile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini yaitu pemilik dan karyawan Singengu Textile. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Metode analisis data penelitian menggunakan metode analisis SWOT. Berdasarkan analisis lingkungan ekternal Singengu Textile diperoleh hasil perhitungan matriks EFE sebesar 2,5. Sedangkan dari hasil analisis lingkungan internal Singengu Textile diperoleh hasil perhitungan matriks IFE sebesar 2.6. Berdasarkan hasil analisis General Strategy Matrik diperolah bahwa Singengu Textile berada pada kuadran I yaitu berada pada strategi pertumbuhan agresif (growth oriented strategy). Sehingga alternative strategi yang tepat diterapkan adalah strategi penetresi pasar, pengembangan pasar, dan memelihara mutu produk dan meningkatkan pelayanan. Ketiga strategi ini dibagi menjadi lima yaitu meningkatkan promosi penjualan, membuat variasi harga, memelihara mutu produk dan meningkatkan pelayanan, menambah jenis produk, dan membuat segmentasi pasar baru
Copyrights © 2019