Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 17 No 1 (2023)

Mengubah Stigma Negatif Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Layanan Informasi Di Mts N 1 Labuhanbatu

Yolanda Putri Dalimunte (Unknown)
Ali Daud Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa layanan informasi mampu mengubah stigma negatif terhadap guru BK. Pendekatan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data, hasil observasi dan wawancara merupakan data primer. Hasilnya terdapat perubahan stigma negatif siswa terhadap guru BK setelah diberikan layanan informasi secara bertahap, dari 33 siswa di MTSN1 Labuhanbatu khususnya dikelas VIII C sebelumnya terdapat 22 siswa yang memiliki stigma negatif terhadap guru BK dan setelah diberikan layanan secara bertahap 10 orang siswa memiliki perubahan stigma negatif secara keseluruhan terhadap guru BK. Faktor pendukung perubahan stigma negatif guru BK tidak terlepas dari dukungan kepala sekolah kepada guru BK dan bersamaan dengan perubahan sikap guru BK menjadi lebih ramah dan mudah tersenyum kepada siswa –siswi di MTSN1 Labuhanbatu, lebih mendekatkan diri kepada siswa –siswi dan menjalin komunikasi yang baik, sementara faktor penghambatnya ialah guru BK tidak mempunyai jam khusus untuk melakukan layanan, kurangnya pemahaman guru mata pelajaran mengenai pentingnya peran dan tugas guru BK

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...