Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

Pengembangan Modul Kecakapan Hidup Terhadap Anak Tunagrahita Ringan Di Upt Slb Negeri 1 Bantaeng

Bahariah Bahariah (SLB Negeri 1 Bantaeng, Sulawesi Selatan)
Bastiana Bastiana (Department of special education, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Yang menjadi  tujuan pokok dari penelitian tersebut adalah meningkatkan bentuk urgen / bahan Pembelajaran kepandaian untuk reterdasi mental di UPT SLBN 1 Bantaeng dilahirkannya modul bagi pedoman pendidik, untuk diperkenalkan modul ini di SLB. Penelitian dilakukan di UPT SLB Negeri 1 Bantaeng memakai negosiasi research and Development (R&D). Metode penarikan sampling dengan cara purposif. Cara penghimpunan bukti yaitu pemantauan, interviu dan diskusi terstruktur sesama pendidik, orang tua peserta didik, dan pengawas SLB. Telaah bahan dilaksanakan dengan cara menggambarkan untuk mengurutkan, mengatur mengelompokkan bahan sehingga mampu memaparkan bagian yang diamati. Produk yang diperoleh dari penelitian bagi pengembangan model substansi pelatihan kecakapan hidup untuk anak retardasi mental dilaksanakan lewat: (a) mendalami teori yang berhubungan kecakapan hidup untuk anak retardasi mental, (b) mendalami GBPP bina diri bagi anak retardasi mental, (c) mengenali visi, misi dan lingkungan sekolah, (d) mengenali keinginan orang tua, dan (e) mengenali kesanggupan dan kemampuan peserta didik. Observasi ini juga sudah melahirkan buku pedoman pendidik dan sudah divalidasi oleh ahli media, dan materi materi dari staff akademisi di bidang pembelajaran anak retardasi mental, kepala sekolah dan dewan guru SLB, serta sudah dikenalnya modul ini ke beberapa SLB di Bantaeng.Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli terhadap modul kecakapan hidup pada anak tunagrahita seluruh ahli yaitu ahli materi dan ahli desain memperoleh hasil akhir dari kevalidan mendapat71,5% keadaan ini masuk dalam ukuran nilai B( 60%-79%) dan masuk dalam kriteria valid dan layak digunanakan untuk pembelajaran dikelas Kata Kunci :  modul keterampilan hidup; anak retardasi mental

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...