Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 3, No 02 (2023): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

Upaya Tim Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik Siswa Pada Era Digital 4.0 Di Smait Bina Bangsa Sejahtera

Muhamad Faisal Maulana Yusup (STAI Al Hidayah Bogor)
M Hidayat Ginanjar (STAI Al Hidayah Bogor)
Heriyansyah Heriyansyah (STAI Al Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Tim pengembang kurikulum memiliki peran penting dalam upaya mengembangkan kompetensi akademik siswa. Sehingga penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang Upaya Tim Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik Siswa pada Era Digital 4.0 di SMAIT Bina Bangsa Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, Gambaran kurikulum yaitu, (1) menggunakan kurikulum darurat, (2) kurikulum efektif dan efisien; dan (3) membentuk tim pengembang kurikulum. Kedua, Gambaran kompetensi akademik siswa yaitu, (1) diarahkan dan didukung dalam minat belajar; (2) kompetensi siwa; dan (3) pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Ketiga, faktor penghambat tim pengembang kurikulum yaitu, (1) kurangnya dukungan orangtua siswa; (2) kurangnya kompetensi guru; dan (3) psikologis siswa. Keempat, faktor pendukung tim pengembang kurikulum yaitu, (1) mengikuti MGMP dan KKG; (2) mengikuti kegiatan workshop pembuatan media pembelajaran online; (3) dukungan kepala sekolah; dan (4) saran dan prasaran. Kelima, solusi mengatasi hambatan yaitu, (1) memberikan motivasi kepada siswa; (4) melakukan pendekatan psikologis kepada siswa; (2) memberikan pemahaman kepada orangtua siswa terkait kebijakan sekolah; dan (3) memberikan pembinaan kepada guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...