Kenyamanan moda transportasi menjadi salah satu nilai yang dikejar oleh pengguna. Kereta Api menjadi salah satu moda transportasi yang berkembang. Banyak keunggulan transportasi kereta untuk penumpang yaitu dari kenyamanan gerak, kecepatan dan ketepatan serta keleluasaan gerak. Tetapi ada satu hal yang sering menjadi permasalahan bagi penumpang kereta yaitu kebisingan. Perbaikan sudah dilakukan dengan menyempurnakan kabin gerbong untuk menahan suara roda kereta. Namun masih sering muncul ketika pintu terbuka dan terdapat kereta lain yang melintas. Perlu sebuah solusi untuk meredam noise ketika pintu dibuka. Terdapat teknologi yang disebut Active noise control (ANC), sebuah sistem berbasis teori adaptif filter yang berkembang sekitar tahun 1980. Teknologi ini mampu melakukan peredaman noise secara aktif atau dapat dikendalikan kapan berjalan dan kapan berhenti. Konsep dasarnya menggunakan teori peredaman atau cancelation sinyal dengan menggunakan sinyal negatifnya. Perkembangan ANC dilakukan melalui pengembangan perangkat keras mulai dari peningkatan sensitiftas sensor/microphone dalam melakukan identifikasi sinyal noise, pengembangan mikrokontroller yang mampu menghitung dan menghasilkan sinyal anti noise dengan kecepatan yang cukup. Di sisi lain berkembang algoritma dalam menghasilkan sinyal anti noise. Algoritma berkembang untuk meningkatkan akurasi dalam menghasilkan sinyal anti noise. Penelitian ini membangun sebuah sistem ANC untuk meminimalisir noise dalam kabin gerbong kereta saat pintu terbuka. Peneltiian dilakukan dengan merekam noise dari sumber kebisingan selanjutnya dilakukan simulasi untuk menghasilkan anti noise. Implementasi dilakukan menggunkaan mikrokontroller untuk membuktikan hasil dari rancang bangun sistem ANC untuk gerbong kereta api. Sistem yang dibangun mampu menurunkan noise sampai dengan 60-70%. Pengujian dilakkuan di tataran simulasi menggunakan Matlab dan juga di sistem nyata
Copyrights © 2023