Jurnal Varidika
Volume 24 No. 1, Juni 2012

IS STUDENTS’ DIFFERENT MASTERY OF ENGLISH SPEAKING SKILLS INFLUENCED BY THEIR LEARNING STRATEGIES?

Hikmat, Mauly Halwat ( Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dewi, Yanita Candra ( Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh tiga siswa SMA N I Colomadu yang memiliki keterampilan berbicara yang berbeda (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian ini merupakan studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa nilai siswa dan informasi hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan nilai tertinggi (S1)menggunakan limabelas strategi yang terdiri dari tujuh strategi metakognitif, tujuh strategi kognitif dan  satu strategi sosioafektif. Siswa dengan nilai menengah (S2) menggunakan empat belas strategi yang terdiri dari tujuh strategi metakognitif, enam strategi kognitif, dan sat strategi sosioafektif. Sementara itu, siswa dengan nilai terendah (S3) diketahui menggunakan dua belas strategi yaitu lima strategi metakognitif , lima strategi kognitif, dan dua strategi sosio afektif. Dari hasil tes akhir pada than ajaran 2007/2008, terlihat bahwa S1 yang menggunakan paling banyak strategi pembelajaran memperoleh nilai tertinggi. S2 memperoleh nilai sedang sedangkan S3 yang menggunakan paling sedikit strategi, memperoleh nilai terendah dalam tes akhir. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berperan  dalam penguasaan keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

varidika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Jurnal Varidika is an open access and peer-reviewed scholarly international journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, and publishes twice a year (June and December). The journal focuses on publishing research article in the scope of ...