Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2023): EduTIK : Februari 2023

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

I Dewa Ayu Eka Widyadari (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Herry Sumual (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Alfrina Mewengkang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning. Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis siswa kelas X SMK Eklesia Jailolo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model pembelajaran Problem Based Learning, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara siklus 1 dan siklus 2 dengan Teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Eklesia Jailolo dalam pembelajaran Dasar Desain Grafis mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan dari: nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 74,4 dan siklus 2 sebesar 80,75 sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 60% dan siklus 2 sebesar 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...