Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023

Hubungan Antara Pemanfaatan Internet, Motivasi dan Prestasi Belajar, Siswa SMK Kristen Kawangkoan

Armando Sumera (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Hiskia Kamang Manggopa (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Jimmy Waworuntu (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan internet, motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Kristen Kawangkoan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan metode korelasional. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25, dengan ukuran sampel sebanyak 49 orang siswa. Terdapat tiga instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data, yaitu instrumen penelitian pemanfaatan internet dan instrumen penelitian motivasi belajar yang berupa angket serta instrumen penelitian prestasi belajar yang berbentuk hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif antara pemanfaatan internet, motivasi dan prestasi belajar. Hasil uji F ditemukan bahwa > (46,17064 > 3,20) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pemanfaatan internet, motivasi dan pretasi belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...