Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 berlangsung di TK Lazuardi Al-Falah Klaten dengan menggunakan sudut pandang teori Tripusat pendidikan Ki Hajar Dewantara serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah sembilan orang dipilih berdasarkan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran di TK Lazuardi Al-Falah Klaten selama pandemi Covid-19 sedikit mengalami perubahan dalam pelaksanaannya (2) Peran orang tua dalam pendidikan dan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 sudah sesuai yaitu berperan dalam mendampingi belajar, dalam menyediakan fasilitas, memberikan motivasi, menjaga kesehatan, dan mendampingi belajar di luar KBM. Hanya saja ada beberapa wali yang merasa kurang maksimal dalam melakukan pendampingan dikarenakan kesibukan orang tua dalam bekerja. (3) Faktor pendukung dari peran orang tua dalam pembelajaran selama masa pandemi dipengaruhi oleh kesibukan orang tua, jaringan internet yang memadai dan adanya pelatihan pengoperasian aplikasi dari pihak sekolah.
Copyrights © 2023