Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying, faktor pendukung implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying, dan faktor penghambat implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying di SMAN 1 Srandakan Bantul. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying di SMAN 1 Srandakan sudah berjalan dan terimplementasikan. Hal ini didukung dengan adanya koordinasi dan rapat serta konsistensi aktor pelaksana dalam mendukung berjalannya implemenasi kebijakan, faktor pendukung implementasi kebijakan berupa koordinasi antar aktor pelaksana implementasi kebijakan dan adanya dukungan dan motivasi dari elemen terkai. Namun ada juga faktor penghambat implementasi kebijakan berupa ada beberapa warga sekolah yang kurang mendengarkan arahan.
Copyrights © 2023