Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendampingan guru SMA dan SMK dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan sudut pandang teori implementasi kebijakan Edward III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) DIY. Subjek dari penelitian ini merupakan pelaksana Program Kebijakan dan Guru peserta pendampingan Menyimpulkan program pendampingan guru dalam kebijakan pendidikan jarak jauh telah diimplementasikan dengan didahului oleh persiapan implementasi, yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur dalam Pendampingan Guru pada Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh di DIY dilaksanakan dengan sesuai dengan tujuan meskipun memerlukan beberapa perbaikan.Kata kunci: Pendampingan Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Implementasi kebijakan
Copyrights © 2023