Harati: Jurnal Pendidikan Kristen
Vol 3 No 1 (2023): HaratiJPK: April

Implementasi Etika Mengajar Wali Peserta Didik Dalam Mendidik Karakter Anak SMP Usia 13-15 Tahun

Angelina Berliana (Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar)
Sabda Budiman (Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar)
Riniwati Riniwati (Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

The role of the teacher as the guardian of students to educate children is very important. Every action of the teacher becomes a reflection for the child, whether it is good or bad. However, children's character is mostly formed in the family environment, especially junior high school children aged 13-15 years who are still very unstable in thinking and acting. Everything seen by them will be absorbed and followed faster. The character education of children by parents as guardians of students is very central and important. Therefore, it is very necessary to equip the guardian parents of students in educating children and there is a need for cooperation between teachers and parents in educating children. The purpose of this study is to explain the implementation of teaching ethics for guardians of students in educating the character of junior high school children aged 13-15 years. In this study, the authors used qualitative research methods with a descriptive approach. Thus, in educating children, guardians (parents and teachers) need to recognize what character education is, establish communication for educational purposes, establish cooperation with guardians, and assist guardians in educating in the family environment to form a disciplined, responsible, and honest child character. Therefore, cooperation between teachers and parents is indispensable. Peran guru dalam mendidik anak memang sangatlah penting. Akan tetapi, karakter anak sebagian besar terbentuk di dalam lingkungan keluarga, khususnya anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) usia 13-15 tahun yang masih sangat labil dalam berpikir dan bertindak. Segala sesuatu yang dilihat oleh mereka akan lebih cepat diserap dan diikuti. Pendidikan karakter anak oleh orang tua selaku wali peserta didik menjadi hal yang sangat sentral dan penting. Oleh karena itu, perlu sekali untuk memperlengkapi orang tua wali peserta didik dalam mendidik anak dan perlu adanya kerjasama antara guru dan orang tua dalam mendidi anak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memaparkan implementasi etika wali peserta didik dalam mendidik karakter anak SMP usia 13-15 tahun. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan demikian, dalam mendidik anak, orang tua selaku wali peserta didik dalam lingkungan keluarga, perlu mengenali apa itu pendidikan karakter, menjalin komunikasi untuk kepentingan pendidikan, menjalin kerjasama dengan guru, dan membantu guru dalam mendidik di lingkungan keluarga untuk membentuk karakter anak yang disiplin, bertanggung jawab, dan jujur. Oleh karena itu, orang tua perlu sekali untuk mengerti etika mengajar sebagai upaya kolaborasi dengan guru dalam mendidik karakter anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

harati

Publisher

Subject

Religion Education

Description

HARATI: Jurnal Pendidikan Kristen adalah jurnal yang menerbitkan hasil penelitian di bidang pendidikan kristen. Kajian-kajian penelitian bidang pendidikan kristen yang dimaksud mencakup pendidikan formal maupun nonformal. Secara khusus bidang kajian pendidikan kristen tersebut adalah: Pendidikan ...