Perspektif
Vol 2 No 3 (2023)

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN UNIT PRODUKSI SEBAGAI KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PORGRAM KEAHLIAN TATA BOGA DI SMK PERWIRA BANGSA KOTA DEPOK

Faisal Fahriansyah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Agus Suradika (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Widia Winata (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Tujuan evaluasi program ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif suatu program yang telah direncanakan dan disusun mendorong tercapainya tujuan. Pelaksanaan program yang diteliti adalah Program pembelajaran keahlian tata boga yang diselenggarakan di SMK “PB”, Depok. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Model evaluaisi yang digunakan adalah model CIPP yang digagas oleh Stufflebeam meliputi empat komponen evaluasi, yaitu konteks, masukan, proses, dan produk. Teknik pengumpulan data digunakan teknik kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dalam bentuk tabel dan prosentase serta dikategorikan dengan empat kategori penilaian yaitu “Sangat Baik”, “Baik”, “Kurang Baik”, dan “Tidak baik”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) komponen konteks termasuk dalam kategori “Baik”, (b) komponen input “Sangat Baik”, (c) komponen proses “Sangat baik”, dan (d) komponen Produk mendapatkan hasil “baik”. .Secara keseluruhan, pelaksanaan program pembelajaran unit produksi termasuk dalam kategori baik.   Abstract The purpose of this program evaluation is to find out how effective a program that has been planned and arranged is in encouraging the achievement of goals. The implementation of the program under study was a cooking skills learning program held at SMK "PB", Depok. The approach in this study uses a mixed method (mix method). The evaluation model used is the CIPP model initiated by Stufflebeam which includes four evaluation components, namely context, input, process, and product. Data collection techniques used questionnaire techniques. Data were analyzed with descriptive statistics in the form of tables and percentages and categorized by four assessment categories namely "Very Good", "Good", "Not Good", and "Not Good". The results of this study indicate that (a) the context component is included in the "Good" category, (b) the input component is "Very Good", (c) the process component is "Very good", and (d) the product component gets "good" results. . Overall, the implementation of the production unit learning program is included in the good category.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Perspektif adalah jurnal ilmiah nasional multidisiplin dengan akses terbuka. Tujuan kami adalah menyebarluaskan artikel terkini dan orisinil dari para peneliti, pemerhati, peneliti, widyaiswara, praktisi, pengambil keputusan, dosen dan mahasiswa tentang masalah dalam bidang ilmu pendidikan, ...