IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management
Vol. 2 No. 2 (2023): IJBEM Juni 2023

FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Andri Novius (Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau)
Lusiawati Lusiawati (Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Perilaku Etismahasiswa akuntansi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Variabel yang diuji padapenelitian ini terdiri dari kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, gender, locus ofcontrol, equity sensitivity, dan perilaku etis. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansiFakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yang telah mengambil mata kuliah pilihan Konsentrasi Audit.Jenispenelitian ini adalah penelitian survei. Dimana data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepadaresponden. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, denganumlah sampel yangdigunakan sebanyak 88 responden. Data dianalis menggunakan multiple regression analysis. Hasil pengujianhipotesis menunjukkan bahwa gender dan equity sensitivity tidak mempengaruhi perilaku etis mahasiswaakuntansi. Sebaliknya, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, dan locus ofcontrol berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.Secara simultan keseluruhanproksi variabel individual pada penelitian ini berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa seorang mahasiswa yang memiliki pemahaman dan kecerdasanindividual serta memiliki internal locus of control akan mampu bertindak atau berperilaku dengan etis dalamprofesi dan organisasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijbem

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM) is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and ...