cover
Contact Name
Saipul Al Sukri
Contact Email
saipul.alsukri@gmail.com
Phone
+628972975249
Journal Mail Official
saipul.alsukri@gmail.com
Editorial Address
INSTITUT RISET DAN PUBLIKASI INDONESIA Jl. Tuah Karya Ujung C7. Kel. Tuah Madani Kec. Tampan Kota Pekanbaru - Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management
ISSN : -     EISSN : 29859883     DOI : -
Core Subject : Economy,
Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM) is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and December, each edition containing 5 (five) articles. Articles may be written in Indonesian or English. articles are original research results with maximum plagiarism of 25%. Articles submitted to IJBEM will be reviewed by at least 2 (two) reviewers. The submitted article must meet the assessment criteria and be in accordance with the instructions and templates provided by IJBEM. The author should upload the Statement of Intellectual/ Copyright Rights when submitting the manuscript. Papers must be submitted via the Open Journal System (OJS) in .doc or .docx format. The entire process until IJBEM is published will be free of charge. IJBEM is registered in National Library with Number International Standard Serial Number (ISSN) Online: 2985-9883. In general, the focus and scope of the Indonesian Journal of Business Economics and Management can include various topics related to business and economics. These can range from theoretical to empirical research in areas such as finance, accounting, marketing, management, entrepreneurship, international business, and corporate governance. The journal may also cover interdisciplinary topics such as social and environmental responsibility, sustainable development, and business ethics. Research methodologies can include quantitative and qualitative approaches, case studies, and literature reviews. The goal of such a journal is to publish high-quality research that contributes to the understanding of business and economics and its practical applications in the real world.
Articles 19 Documents
Pengaruh Sistem Pembayaran Upah terhadap Kesejahteraan Pekerja di PT. Sindora Seraya Bantayan Rokan Hilir Riau Perspektif Ekonomi Islam Nuryanti Nuryanti; Fuad Fauzan
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.626 KB)

Abstract

Sistem Upah merupakan sistem perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah. Di dalam kegiatan usaha diperjanjikan adanya pemberian upah yang akan didapat oleh tenaga kerja dari pemilik usaha. Pekerja berhak mendapatkan upah dan jaminan sosial. Dalam Undang-Undang Nomor. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan (pasal 88) ditegaskan bahwa Setiap pekerja atau buruh berhak memperoleh penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, jumlah penerimaan atau pendapatan pekerja dari hasil pekerjaannya sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup pekerja dan keluarganya secara wajar yang meliputi makanan, dan jaminan hari tua. Permasalahan dalam penelitian ini yakni, bagaimana pengaruh sistem pembayaran upah terhadap kesejahteraan pekerja studi pada PT Sindora Seraya di Desa Bantayan Kabupaten Rokan Hilir dan bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang pengaruh sistem pembayaran upah terhadap kesejahteraan pekerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Responden yang dijadikan sampel dalam penilitian ini sebanyak 67 responden. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel sistem pengupahan berpengaruh segnifikan terhadap kesejahteraan pekerja. Hal ini berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh korelasi antara sistem pengupahan dengan kesejahteraan pekerja (r) adalah 0.482. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sedang antara sistem pengupahan dengan kesejahteraan pekerja. sedangankan arah hubungannya adalah positif karena nilai r positif dan nilai t- hitung lebih besar dari nilait-tabel (4.438>1,997). Berarti semakin tepat sistem pengupahan maka semakin meningkatkan kesejahteraan pekerja. Praktek perjanjian pengupahan yang diterapkan pada PT. Sindora Seraya Desa Bantayan Kabupaten Rokan Hilir sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah yaitu majikan harus menyebutkan terlebih dahulu berapa upah yang akan diterima sebelum pekeraja mulai bekerja, namun dalam pembayaran upah belum memenuhi karakteristik Islam karena selalu menunda-nunda membayarkan upah pekerjanya atau tidak tepat waktu sesuai dengan perjanjian, bahwa perjanjia upah para pekerja akan dibayar setiap tanggal 15, namun hal itu tidak direalisasikan.
Pengaruh Budaya Organisasi, Pendidikan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) SKPD Kamtrantib pada Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan Gilang Perdana Putra; Dodik Jatmika; TA Hariyono; Muhammad Jahri; Sampurnawati Sampurnawati
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.626 KB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan Budaya Organisasi, Pendidikan dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Aparatur Sipil Negara (ASN) SKPD Kamtrantib pada Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah 67 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) SKPD Kamtrantib di Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan. Analisis data menggunakan Software SPSS Versi 19.0 dan Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Budaya Organisasi, Pendidikan dan Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, namun hasil penelitian uji parsial menunjukkan Budaya Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Pendidikan dan Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh Kompensasi Finansial Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru Mery Sandora; Saiful Ramadhan
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.473 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial langsung dan tidak langsung terhadap kinerja pegawai bagian mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian mekanik  yang berjumlah 100 orang yang dijadikan sebagai responden, analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS17. Berdasarkan hasil Uji Regresi Linear Berganda di peroleh persamaan: Y = 14.607+ 0,019 X1 + 1.128 X2 + e, kemudian hasil uji secara parsial kompensasi finansial langsung  (X1) dengan T hitung sebesar 0.220  < 2.00 sehingga terbukti bahwa variabel kompensasi finansial langsung tidak memiliki pengaruh  terhadap kinerja (Y) dan variabel kompensasi finansial tidak langsung (X2) dengan T hitung sebesar 7,311>dari T tabel2.00, sehingga terbukti bahwa variabel kompensasi finansial tidak langsung memiliki pengaruh terhadap kinerja (Y) pegawai bagian mekanik PT.  Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru, kemudian hasil analisis secara simultan didapatkan F hitung sebesar 30,787 > F tabel sebesar 3.20 atau dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka variabel kompensasi finansial langsung dan tidak langsung diuji secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai bagian mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa pekanbaru. Nilai Adjusted Rsquare 0,549 yang artinya 54.9% dari kompensasi finansial langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai bagian mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru, sedangkan sisanya 45,1% dipengaruhi sebab-sebab lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci :Kompensasi Finansial Langsung, Kompensasi Tidak Langsung, Kinerja
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Zetri Rahmat
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.494 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Dimensi kualitas pelayanan yang dipakai adalah kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Responden pada penelitian ini adalah 96 orang mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 64,4%.
Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Devi Suryani; Ermansyah Ermansyah; Saipul Alsukri
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.077 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan Gojek. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi layanan Gojek di Kecamatan Binawidya Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Data penelitian dianalisis menggunakan program SPSS V.22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan terhadap transportasi Gojek. Selain itu, variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai R Square yang diperoleh adalah 0,470. Artinya variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan sebesar 47%. Sedangkan sisanya sebesar 53,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Faktor Pengalaman dalam Meningkatkan Keahlian Auditing Auditor Hijratul Aswad; Annesa Adriyani; Jusmarni Jusmarni
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 2 (2022): IJBEM Juni 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.816 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lamanya bekerja sebagai auditor, banyaknya tugas pemeriksaan yang dilakukan, banyaknya jenis perusahaan yang diaudit dan banyaknya pelatihan yang diikuti secara parsial terhadap peningkatan keahlian auditor dalam bidang auditing. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di KAP yang ada di Pekanbaru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan non-probability random sampling (purposive sampling methode). Berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 31 auditor. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menjelaskan secara parsial tiga variabel independen yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keahlian auditing auditor, yaitu lamanya bekerja sebagai auditor, banyaknya tugas pemeriksaan yang dilakukan, dan banyaknya pelatihan yang diikuti. Sedangkan satu variabel independen lainnya, yaitu banyaknya jenis perusahaan yang diaudit tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keahlian auditing auditor.  
ESTIMASI NILAI RISIKO RETURN PORTOFOLIO SAHAM LQ-45 DAN JII DENGAN COPULA GAUSSIAN: Value at Risk, Copula, GARCH Fatimah Zuhra
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 2 (2022): IJBEM Juni 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.832 KB)

Abstract

The purpose of an investor in investing in a stock portfolio is to maximize return and minimize risk. The most commonly used risk measure is Value at Risk (VaR) which can be calculated using a copula. The best copula is the Gaussian copula that can calculate the risk value in the combined distribution between LQ-45 returns and JII returns, which have a volatility effect so that it is modeled with the AR (1)-GARCH (1,1) model. With a 95% confidence level, the Gaussian copula has the smallest VaR value with the largest return.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM SEMBAKO DI DESA KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR: THE EFFECTIVENESS OF THE IMPLEMENTATION OF THE FOOD PROGRAM IN KARYA INDAH VILLAGE, TAPUNG DISTRICT, KAMPAR REGENCY ella abdiana; Zulhaida Zulhaida; Mike Nurjana
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 2 (2022): IJBEM Juni 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.017 KB)

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the implementation and the inhibiting factors of the Sembako Program in Karya Indah Village, Tapung District, Kampar Regency. With research indicators on target accuracy, program socialization, program objectives, and program monitoring. The type of research used is qualitative research with qualitative descriptive data analysis techniques with percentages. From this study it can be concluded that in Karya Indah Village, Tapung District, Kampar Regency, it is not yet effective enough in implementing the Basic Food Program seen from the inaccuracy of targeting the community receiving the Basic Food Program, the KPM still lacks understanding of the social assistance they receive, as well as monitoring that has not been carried out to KPM. so that the achievement of goals has not been carried out optimally.
PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK ANTARA BNI DAN BCA DILIHAT DARI FAKTOR RENTABILITAS PERIODE 2017-2021 Mayrisa Styaningrum Maria; Ida Savitri Kusmargiani; Septian Yudha Kusuma
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 2 (2022): IJBEM Juni 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.609 KB)

Abstract

This study aims to analyze the assessment and find out the comparison between the health levels ofBNI and BCA in terms of profitability. The type of research in this study is comparative descriptiveresearch with quantitative and qualitative approaches. The sources of data in this study aresecondary data obtained through the financial statements of BNI and BCA. The research methodused is based on the assessment of the profitability factor in accordance with the Circular Letter ofthe Financial Services Authority Number 14/SEOJK.03/2017 concerning the Health Assessment ofCommercial Banks, which consists of an assessment of the bank's performance in generating profits(profitability), sources that support profitability, stability ( sustainability) components that supportprofitability, as well as profitability management. Hypothesis testing using the Mann Whitney U-TestSPSS 25. The results of the profitability assessment at BNI and BCA during the 2017–2021 periodshowed very adequate results. Then the results of the comparison of health levels show that there isa significant difference between BNI and BCA, with the result that BCA has a higher value than BNI
PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KOORDINASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BPR FIANKA REZALINA FATMA PEKANBARU Hadi Gunawan; Zulhaida Zulhaida
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 2 (2022): IJBEM Juni 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.126 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of organizational communication and coordination on employee performance at PT. BPR Fianka Rezalina Fatma Pekanbaru. Respondents in this study amounted to 40 people using the census method. The data analysis in this research is quantitative using multiple linear regression method and the data is analyzed using the SPSS program. Based on the results of this research shows that organizational communication and coordination have a partial effect on employee performance at PT. BPR Fianka Rezalina Fatma Pekanbaru. Simultaneously, organizational communication and coordination variables have a significant effect on employee performance variables at PT. BPR Fianka Rezalina Fatma Pekanbaru. The R Square value of 0.900 or 90% means that the employee performance variable is influenced by organizational communication and coordination while the remaining 10% is influenced by other variables not used in this study.

Page 1 of 2 | Total Record : 19