JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 19, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus

Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Papan Alphabet 8s pada Anak Autis di SLB Negeri Sambas

Oriza Azzura (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sukinah Sukinah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media papan alphabet 8s pada anak autis di SLB Negeri Sambas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model desain dari Kemmis Mc Taggart. Siklus yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kali. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas II di SLB Negeri Sambas yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan menulis permulaan dan pengamatan. Selama pelaksanaan, anak diminta untuk melakukan kegiatan dengan menggunakan media papan alphabet 8s dengan membentuk angka 8 tidur. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji validitas data logis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media papan alphabet 8s pada kemampuan menulis anak autis meningkat. Peningkatan yang dicapai dapat dilihat pada tahap pra tindakan dengan nilai 38,46 (rendah), kemudian meningkat pada siklus I menjadi 48,07 (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 67,03 (baik). Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis permulaan dalam menyalin 26 bentuk huruf. Selain itu, hasil pengamatan partisipasi subjek mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai yang diperoleh sebesar 59,375 (cukup) meningkat menjadi 77,08 (baik) pada siklus II. Hal ini diamati dari situasi kegiatan belajar, keaktifan anak, dan kemampuan anak dalam pelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...