Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2022): Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

ANALISIS KETERBACAAN TEKS DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN FORMULA GRAFIK FRY

Suhendra Suhendra (Universitas Pakuan)
Annisa Nurramadanti (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keterbacaan teks yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI dengan menggunakan Formula Grafik Fry, dan mengetahui kesesuaian teks yang digunakan dalam buku dengan jenjang sekolah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji tiga buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Buku yang digunakan adalah Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas XI Penerbit YRAMA WIDYA, Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Buku Teks Bahasa Indonesia ESPS untuk Kelas XI Penerbit Erlangga. Pada masing-masing buku teks akan diuji lima belas teks, jumlah total teks yang akan diuji keterbacaannya adalah 45 teks. Nantinya dengan menggunakan 45 teks tersebut akan ditentukan jumlah kalimat utuh, jumlah suku kata, jumlah kata sisa pada kalimat terakhir, rata-rata kalimat utuh, dan rata-rata suku kata. Hasil analisis data dari 45 teks yang diukur, 25 teks menunjukan hasil Tidak Sesuai”, 16 teks menunjukan hasil Sesuai” dan 4 teks menunjukan hasil Invalid”. Berdasarkan data tersebut, jumlah keterbacaan teks yang tidak sesuai jenjang kelas lebih tinggi dibandingkan keterbacaan teks yang sesuai dengan jenjangnya. Artinya, tingkat keterbacaan pada ketiga buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI memiliki tingkat keterbacaan yang mudah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

triangulasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran” merupakan jurnal yang dikembangkan untuk memfasilitasi para peneliti dalam memublikasikan dan mengomunikasikan hasil penelitiannya di bidang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan ...