Journal of Scientech Research and Development
Vol 5 No 1 (2023): JSRD, June 2023

ANALISIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF PENERAPAN INSTRUKSI BERDUFERENSIASI: TANGGAPAN GURU DAN PENGUASAAN KONSEP IPA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Ayu Yuana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Diana Rochintaniawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Irma Rahma Suwarma (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara kuantitatif dan kualitatif penerapan pembelajaran dengan instruksi berdiferensiasi. Pendekatan fenomenologis yang menggali keyakinan, pengalaman dan persepsi individu guru terhadap pembelajaran instruksi berdiferensiasi menjadi komponen kualitatif pada penelitian ini. Terdapat 15 guru yang sudah mengikuti pelatihan instruksi berdiferensiasi dan secara sukarela mengikuti penelitian ini. Data diambil dengan menggunakan kuesioner terbuka yang menggali informasi berkaitan dengan tanggapan guru setelah penerapan pembelajaran instruksi berdiferensiasi di kelas masing-masing. Analisis kuantitatif membandingkan penguasaan konsep siswa yang menerapkan instruksi berdiferensiasi dengan siswa yang mendapatkan instruksi yang disamakan. Dari hasil analisis terungkap bahwa setiap guru memiliki tanggapan yang positif terhadap pendekatan pembelajaran instruksi berdiferensiasi dan memberikan pengaruh yang baik terhadap siswa. Di sisi lain hasil analisis Mann-Whitney dalam penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 5%, kelompok instruksi berdiferensiasi tidak memiliki penguasaan konsep yang signifikan lebih tinggi daripada kelompok dengan instruksi yang disamakan. Hal ini menyiratkan bahwa tidak ada pengaruh instruksi berdiferensiasi yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSCR

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Scientech Research and Development (JSRD) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social research and development. Investigated the dynamics of teaching and learning of Scientech education, scientech research, and development problems in the scientech at the ...