Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 12 No. 1 (2023): JPTE Periode April 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian RLC Seri Dan Paralel Pada Praktikum Rangkaian Listrik

Ari Nurjaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Ratnaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Suka Arsa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran Rangkaian RLC Seri dan Paralel yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan digunakan sebagai media pembelajaran dan mengetahui respon yang baik dari peserta didik pada mata kuliah Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 96,87% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 98,52% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 3 (A3) dengan skor 161 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 1 dan 2 (A1 & A2) dengan skor 161 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Rangakaian RLC Seri dan Paralel layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Copyrights © 2023