JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 11, No 1 (2023): June 2023

Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Bencana Alam Bervisi SETS terhadap Sikap Tanggap bencana Siswa dalam Pembelajaran IPA

Hurriyah Hurriyah (UIN Imam Bonjol Padang)
Lufri Lufri (Universitas Negeri Padang)
Asrizal Asrizal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu solusi tepat untuk menanamkan pemahaman tentang bencana dan bagaimana mencegah, mengantisipasi dan mengurangi dampak bencana alam di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan integrasi dalam pempelajaran IPA. Penerapan pembelajaran bervisi SETS merupakan salah satu yang digunakan dalam pembelajaran IPA karena berkaitan langsung dengan hal-hal nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat effect size dari artikel artikel yang berkaitan dengan pengaruh pembelajaran terintegrasi bencana alam yang menggunakan pembelajaran dengan visi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis, Populasi yang digunakan adalah artikel dan hasil penelitian Penerapan pembelajaran bervisi SETS terintegrasi bencana alam. Sampel yang diambil adalah 14 artikel dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasi bencana tepat dilakukan menggunakan pendekatan SETS dan cocok untuk menumbuhkan sikap tanggap bencana siswa. Hal ini terlihat dari perhitungan ES yang berada pada kategori sedang dan tinggi. Pembelajaran terintegrasi bencana disiapkan dari usia dini, dan berkelanjutan sampai Pendidikan tinggi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...