Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Vol 5, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Perancangan Aplikasi Pembelajaran Peta Pada Mata Pelajaran Geografi SMPN 16 Kota Jambi

Fery Purnama (Universitas Adiwangsa Jambi)
Fattachul Huda Aminuddin (Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Nurdin Hamzah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Materi keterampilan dasar tentang peta pada mata pelajaran geografi kelas VIII merupakan salah satu materi yang sangat penting dan diminati oleh siswa kelas VIII program IPS SMP. Dengan kemampuan yang baik dalam mempelajari peta, siswa dapat memperoleh banyak informasi tentang objek daerah atau gejala di permukaan bumi. Kenyataan di sekolah tidak semua siswa memiliki minat yang tinggi untuk mempelajari peta. Hal ini didasari karena media yang digunakan untuk belajar tentang peta masih menggunakan Peta cetak yang ditempel di dinding. Mereka beranggapan bahwa peta terlalu sulit dipelajari karena di dalamnya penuh dengan simbol-simbol yang kurang mereka pahami. Era industri 4.0 menghadirkan berbagai teknologi dan kemajuan yang memudahkan semua aspek kehidupan manusia.Demikian halnya dengan peta. Pada saat ini, peta dapat dipelajari dengan cara memanfaatkan teknologi. Perancangan aplikasi pembelajaran peta berbasis web dilakukan agar siswa lebih mudah dalam memahami serta menarik minat dan perhatian siswa dalam belajar. Selain agar siswa tidak merasa bosan hanya dengan mendegarkan ceramah guru dan membaca materi, penyampaian materi peta menggunakan aplikasi tersebut menjadi lebih mudah diterima dan dipraktikkan oleh siswa. sehingga menghasilkan kemampuan siswa membaca peta juga meningkat, dan mereka tidak lagi menganggap materi peta sesuatu yang sulit dipelajari

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPVTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information ...