Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia
Vol 3, No 1 (2023): PERKUSI

Analisis Strategi Pemasaran Bawang Merah di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur

Hasanudin Hasanudin (Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia)
Khairil Anwar (Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia)
Nirmawati Nirmawati (Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk  mengetahui pengaruh strategi  produk dan harga terhadap permintaan pasar bawang merah di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok  Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Deskriptif Kuantitatif, Tekhnik penelitian yang akan digunakan pada  penelitian ini yakni yang pertama dengan menggunakan wawancara. Data dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk dan Harga berpengaruh positif signifikan terhadap volume penjualan. Dari hasil analisis deskripsi yang ada pada  variabel  unsur produk dan harga memang menunjukkan rata-rata yang memuaskan dengan skor maksimal 3. Dimana unsur produk berisi tentang  : kualitas bawang merah, ukuran bawang merah, kegunaan bawang merah dan ketersediaan produk; (2) Variabel harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel volume penjualan. Dan sesuai dengan Hipotesis awal, karena harga produk memiliki pengaruh terhadap volume penjualan bawang merah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPER

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal PERKUSI adalah jurnal yang fokusnya dan lingkupnya mempublikasikan artikel ilmiah tentang Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi ...