Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022

PENERAPAN PROSEDUR WDEP DENGAN TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI KEJENUHAN MASUK SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BANTAENG

Muhammad Ilham Iskandar (SMP Negeri 2 Bantaeng)
Abdul Saman (Universitas Negeri Makassar)
Saniasa Saniasa (SMA Negeri 19 Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Kegiatan layanan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan prosedur WDEP dengan teknik cognitive disputation dalam konseling kelompok dapat mengatasi kejenuhan masuk sekolah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bantaeng. Adapun jenis kegiatan ini adalah kegiatan konseling kelompok dengan peserta kegiatan adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 5 orang. Pengambilan data awal peserta didik di dapatkan melalui instrumen analisis kebutuhan peserta didik diperoleh data tentang masalah peserta didik jenuh masuk sekolah. Sedangkan pengambilan data akhir dilakukan dengan menggunakan asesmen penilaian hasil konseling kelompok. Data dikumpul dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh rata – rata skor evaluasi hasil peserta didik sebesar 12,6 dan masuk kategori sangat baik. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya prosedur WDEP dengan teknik cognitive disputation dalam konseling kelompok dapat mengatasi kejenuhan masuk sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...