Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan e-modul berbasis edutainment pada materi sistem peredaaran darah manusia kelas v yang memenuhi kriteria valid, layak, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analisis, design, development dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa V di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kota Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan pengunaan bahasa, Untuk kriteria kelayakan didapatkan dari angket respon siswa. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor persentase 83,10% dengan kategori sangat valid. Angket kelayakan dilihat dari keseluruhan siswa diperoleh skor persentase 94,2% dengan kategori sangat layak. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 94,7% yang diperoleh dari tes hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa e-modul yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, layak dan efektif.
Copyrights © 2023