Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH MODIFIKASI DUAL INJEKTOR DENGAN MODEL PENYEMPROTAN IDLE, MID DAN FULL LOAD TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150 CC

Moch Javier Irawan (Universitas Negeri Malang)
Sumarli Sumarli (Universitas Negeri Malang)
Muhammad Harly (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Pada sepeda motor banyak dilakukan inovasi agar diperoleh output yang diinginkan. Salah satu lompatan maju pengembangan, khususnya sistem injeksi bahan bakar elektronik (EFI System) adalah hal yang sesuai. Sistem EFI adalah kerangka bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik melalui ECU. Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan apakah ada dampak dari dual injektor dengan model penyemprotan idle, mid dan full load terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor honda vario 150 cc. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimental. Dengan memanfaatkan prosedur ilmiah yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji Independent Sample T-Test. Konsekuensi dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya minimum injektor standar sepeda motor Honda Vario 150 cc menghasilkan 1,6 HP pada 4000 rpm dan daya maksimal 10,3 HP pada 8000 rpm. Daya minimum modifikasi menggunakan dual injektor menghasilkan 1,6 HP pada 4000 rpm dan daya maksimum menghasilkan daya 12,8 HP pada 8000 (rpm). Sedangkan konsumsi bahan bakar minimum injektor standar menghasilkan 10 ml pada 4000 rpm dan daya maksimal 30 ml pada 8000 rpm. Konsumsi bahan bakar minimum modifikasi menggunakan dual injektor menghasilkan 10 ml pada 4000 rpm dan daya maksimum menghasilkan daya 37 ml pada 8000 rpm. Kenaikan konsumsi bahan bakar disebabkan pada modifikasi dual injector jumlah debit bahan bakar lebih besar. Berdasarkan hasil penelitian diatas dan juga sudah melalui proses analisis data, dapat disimpulan bahwa terdapat perbedaan kurang signifikan antara modifikasi dual injektor dengan model penyemprotan braking, idle, mid dan full load terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor Honda Vario 150 cc.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...