Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH PEMASANGAN SHOCK ABSORBER MULTI STAGE UNTUK MENGURANGI SUDUT PITCHING, DAMPER RATIO DAN EFISIENSI PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR CB150R

A Effendy Ismail (Universitas Negeri Malang)
Sumarli Sumarli (Universitas Negeri Malang)
Muhammad Harly (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Kenyamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor utama disamping kinerja dari mesin kendaraan itu sendiri, salah satunya dipangaruhi oleh sistem suspensi yang berfungsi untuk menyerap getaran dari permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan shock absorber multi stage dengan empat tingkat kekakuan untuk mengurangi sudut pitching, damper ratio dan efisiensi pengereman pada sepeda motor Honda CB150R. Metode pengujian sudut pitching yaitu dengan menggunakan sensor inclinometer yang terdapat pada aplikasi DashCommand (OBD ELM App) dengan melewati speed bump pada variasi kecepatan. Metode pengujian damper ratio yaitu dengan cara keadaan statis sepeda motor diberikan beban kejut pada shock absorber belakang dan dihitung waktu dan jarak lendutannya. Metode pengujian efisiensi pengereman dilakukan dengan melakukan pengereman penuh pada variasi kecepatan kemudian dihitung waktu pengereman hingga berhenti. Hasil pada penelitian ini memaparkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan shock absorber multi stage dan shock absorber standar terhadap sudut pitching dimana terjadi penurunan sebesar 15 persen pada shock absorber stage ke-1 yaitu 12˚ pada kecepatan 60 km/j. Perbedaan yang signifikan juga dihasilkan pada pengujian damper ratio yaitu terjadi penurunan maksimal pada shock absorber stage ke-1 sebesar 0,61 Ns/cm dengan beban 50 kg. Pada hasil pengujian efisiensi pengereman tidak ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan shock absorber multi stage pada stage 1,2,3,4 dan shock absorber standar masing-masing menghasilkan efisiensi pengereman sebesar 61 persen, 60 persen, 54 persen, 53 persen dan 51 persen pada kecepatan 20 km/j.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...