Jurnal Pendidikan Anak
Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak

Pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini

Winnuly Winnuly (Sekolah Pascasarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta)
Puji Yanti Fauziah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Rizki Sevi Triana (Sekolah Pascasarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta)
Tri Susanti (Sekolah Pascasarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Literasi baca tulis sebagai literasi dasar yang dibutuhkan anak agar mampu beradaptasi dalam pembelajaran perlu dikuasai oleh anak. Namun, Pengenalan literasi baca masih sebatas dengan menggunakan LKA dan majalah yang kurang menarik. Buku bacaan masih kurang diminati anak, sehingga minat baca anak rendah. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini. Pop-up storybook interaktif merupakan sebuah buku bacaan dengan cerita ilustratif yang dikemas dalam bentuk tiga dimensi serta dapat di mainkan dengan memindahkan bentuk-bentuk gambar yang ada di dalamnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan berdasarkan kerangka ADDIE yang disesuaikan dengan kebutuhan melalui tiga tahap yaitu analysis, design dan development. Pop-up storybook interaktif  melewati uji kelayakan 2 tim ahli yaitu validasi materi dan validasi media, serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh 4 pendidik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up storybook interaktif dapat memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran bercerita dan bermain untuk menumbuhkan budaya literasi anak.

Copyrights © 2023