Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
2017

Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Microteaching Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat

Nenny Indrawati (Universitas Sulawesi Barat)
Nurmiati Nurmiati (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2017

Abstract

Kecerdasan emosi dan kesiapan belajar merupakan bagian dari ranah afektif yang tidak dapat lepas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat, menganalisis hubungan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat, dan menganalisis hubungan kecerdasan emosi dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian korelasi dengan observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Objek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester VIII berjumlah 31 orang. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan prestasi belajar sebesar 0,594, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan prestasi belajar sebesar 0,526, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi, kesiapan belajar dan prestasi belajar sebesar 0,595. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 37,013 + 0,578 X1 + 0,11X2. Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Kesiapan Belajar, Prestasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...