DIMENSI PENDIDIKAN
Vol 18, No 3 (2022): Dimensi Pendidikan

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF DAN PERCAYA DIRI ANAK

Warsiyah Warsiyah (Universitas PGRI Semarang)
Ngatmini Ngatmini (Universitas PGRI Semarang)
Anita Chandra (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Masih rendahnya kemampuan berbahasa ekspresif dan kepercayaan diri anak TK Bunga Harapan Baru Kota Semarang dapat terlihat dari kurang antusiasnya anak dalam melakukan kegiatan bercerita. Di dalam menyampaikan cerita anak masih terlihat malu, bercerita dengan suara pelan dan juga terlihat takut salah dan kurang percaya diri pada saat bercerita di depan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan keefektifan media flipbook gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif dan kepercayaan diri anak. Sampel penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Bunga Harapan Baru yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Analisis data diuji dengan menggunakan program SPSS dengan uji Liliefors berdasarkan data pretest dan posttest. Hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif ini menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook gambar seri mampu meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif dan percaya diri anak. Hal tersebut terlihat dari data hasil penelitian dalam deskriptif, pada variabel berbahasa ekspresif, nilai rata-rata pretest sebesar 36,5 dan nilai rata-rata postest sebesar 67,1 artinya bahwa ada kenaikan sebesar 30,6  sedangkan untuk variabel kepercayaan diri diperoleh rata-rata pretest yaitu 36,5 sedangkan pada posttest yaitu 66,9 artinya ada kenaikan sebesar 30,4.

Copyrights © 2022