Jurnal Literasiologi
Vol 9 No 4 (2023): Jurnal Literasiologi

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Himpunan

Ewin Simbolon (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan)
Rebika Afrina Br Simanjuntak (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan)
Hardi Tambunan (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan)
Sinaga Samuel Juliardi (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan)
Efron Manik (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan)
Simon Panjaitan (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Pollung. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Pollung. Sampel dalam penelitian terdiri dari 1 kelas (n=36). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1). Ada pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (2). Besar pengaruh pembelajaran dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah 92,3%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...